CARA MEMBUAT INSTALAN WINDOWS 7 DI FLASHDISK MENGGUNAKAN ULTRA ISO

Sebenarnya banyak cara untuk membuat instalan windows 7, diantaranya dengan menggunakan aplikasi win to flash, CMD, dll. Nah untuk postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat instalan windows 7 menggunakan aplikasi Ultra iso, kegunaan aplikasi ini cukup banyak diantaranya untuk membuat file iso, membuat bootingan cd/dvd, untuk memburning data/file kedalam cd/dvd. Software ini memang sangat serbaguna. Jika kalian tidak sabar untuk segera membuat instalan win7 menggunakan ultra isi cekidot.

  • Buka aplikasi Ultra iso jgn lupa buka dengan klik kanan (Run Administrator)
  • Yang kedua siapkan flashdisk yang digunakan, tergantung instalan yang akan dibuat, untuk xp bisa menggunakan 1 GB aj, namun jika membuat instalan win 7 harus menggunakan FD 4GB.
  • Setelah membuka ultra iso cari dimana file iso (master windows 7 yang akan di buat bootable). Cari menyarinya yaitu daerah yang sudah saya lingkari warna merah, cari saja dimana anda menyimpan file anda. File anda harus berbentuk iso. Jika tidak tahu cara membuat file iso lihat postingan saya Membuat File iso menggunakan Ultra Iso.


gambar

  • Setelah anda menemukan file itu, kemudian lihat disebelah kanan kotak, pasti ada file windows 7. Kemudian klik kanan add.

Untitled.

  • File akan berpindah ke atas Setelah di add file iso harus di klik 2x supaya terekstrak.

Untitled3

  • File setelah di add akan berpindah ke atas, kemudian pilih menu bootable – write disk image yang berada diatas kiri.

Untitled 1

  • Kemudian anda akan melihat tampilan tab baru, pilih erase/format untuk mengosongkan flashdisk, jgn lupa file system ganti menjadi NTFS.

Untitled2

  • Tunggulah proses format hingga selesai,  jika sudah tinggal klik write dan tunggu, biasanya dalam proses ini memakan waktu yang cukup lama.
  • Jika proses yang memakan waktu tadi sudah selesai klik close dan jadilah file instalan anda. Cara masu kebios yaitu dengan menekan esc,f1, f2,del tergantung jenis bios aj. Biasnya di post waktu mw masuk windows terdapat tulisan bwt mencet bios. Atur juga first boot menjadi usb fdd

Sekian postingan tutorial yang dapat saya sampaikan, atas partisipasinya saya ucapkan terima kasih, jgn lupa like/share ke teman”…

About these ads

13 pemikiran pada “CARA MEMBUAT INSTALAN WINDOWS 7 DI FLASHDISK MENGGUNAKAN ULTRA ISO

  1. Gan, Saya coba buat USB bootable windows seperti diatas, saya ikuti langkah2 tersebut sama persis, tapi begitu diaplikasikan ke proses instalasi, disitu disebutkan kalo ada file yg missing (txtsetup.sif) jadi proses instalasi dihentikan. itu gimana cara ngatasinya ya? trims

  2. oms saya udah beres tahapnya nyampe akhir,,tapi di buka di explorer kenapa masih fat 32 yah???bukan ntfs…. atau emang kaya gitu…

    • Maksudnya first boot itu supaya flashdisk dapat diakses oleh komputer dengan mudah. setiap PC itu beda” kalo mau masuk Bios. biasanya pencet esc, del, f1 atau f2 sesuai mainboardnya.kalo kebanyakan mainboradnya biasanya make del (tombol delete). klo agan udah masuk bios cari menu boot disk priority, disitu yang first boot ubah menjadi fdd supaya dapat dikenali mainboard dan dijadikan sebagai bootable. cara mengubah firt boot ada pada atas bios, biasanya diatas ada tulisan tanda” untuk merubah pilihan firts boot. klo untuk biasanya tinggal tekan enter pada first boot nanti akan ada pilihan hdd, cd/dvd rom, dan fdd. pilih fdd tekan f10 (untuk save).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s