MENGENALI CIRI-CIRI HARDDISK YANG AKAN RUSAK

hdd

Postingan ini hanya untuk sekedar info saja, disamping itu juga sebagai peringatan terhadap para pembaca mengenai alat penyimpanan data yaitu harddisk. mengenai harddisk adalah komponen yang sangat vital dan penting untuk itu saya memberikan postingan ini untuk berjaga mengamankan data jika tiba” harddisk anda rusak.

Ciri-ciri harddisk yang rusak:

  • Komputer menjadi lemot:

Komputer yang harddisknya rusak pasti mengalami kelambatan yang parah, biasanya waktu menyalakan ulang pas masuk proses starting windows serta watu mnegelola data dan sedang membuka direktori harddisk.

  • Komputer susah booting:


waktu komputer dinyalakan proses pasti ada bunyi beep yang normal akan tetapi waktu akan masuk ke windows ada tulisan “Disk Failure” namun jika direstart akan kembali normal, itulah tanda” harddisk anda kadang ke ditek kadang tidak di PC karena harddisk sudah aus.

  • Bunyi yang kasar pada harddisk

Perhatikan bunyi pada harddisk waktu dinyalakan, biasanya harddisk yang masih bagus dan normal akan mempunyai bunyi yang lembut. Akan tetapi berbeda dengan harddisk yang rusak/bad sector akan berbunyi sangat kasar. ini diakibatkan dari slider(berbentuk jarum) yang digunakan untuk membaca kepingan harddisk tidak stabil dan akhirnya bergerak kasar dan tidak karuan. biasnya ini disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil dan sering terjadinya mati listrik.

Saran untuk memelihara harddisk:

  • gunakan software utilities yang menunjang kesehatan harddisk seperti disk defragmenter, ASC (advanced system care), disk doctor dll.
  • di haruskan mendefrag harddisk maksimal 2 minggu sekali/1 bulan sekali. jangan terlalu sering mendefrag harddisk dikarenakan jika harddisk di defrag akan bekerja sangat keras, jika harddisk bekerja terlalu keras akan mengurangi umur si harddisk itu.
  • pergunakan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik menjadi tetap.
  • jika dirumah anda sering mati lampu, maka saya sarankan menggunakan UPS(alat yang digunakan untuk menyimpan listrik jika suatu saat listrik mati akan digantikan oleh alat ini untuk beberapa menit).
  • Jika anda memegang harddisk hindari untuk membalik-balikkan harddisk, memukul-mukulkan harddisk, dan menjatuhkan harddisk serta hindari benturan pada harddisk.
  • jika suhu komputer anda terlalu panas maka disarankan untuk membeli van khusus untuk mendinginkan suhu pada harddisk, ini bertujuan untuk mendinginkan pcb pada harddisk agar tidak overheat.
  • jika mengalami kejadian diatas segerah backup data penting anda untuk berjaga-jaga sebelum harddisk anda mati total.

43 pemikiran pada “MENGENALI CIRI-CIRI HARDDISK YANG AKAN RUSAK

  1. saya mau tanya mas. pc saya AMD atlon x2, kalau diidupkan pertama kali lancar, dipakai agak lama mousenya tidak mau bergerak, tapi kalau tanpa alas mousenya bisa bergerak, kalau dimatikan/direstart tidak mau lagi masuk ke windows. tidak ada peringatan hardisk failure atau bunyi bep saat menghidupkan pc. mohon pencerahannya, terima kasih sebelumnya

    • coba pada setingan bios harddisk jadikan urutan nomor 1(firtboot). bisa juga karna overheat, biasanya klo processor AMD sering mengalami overheating (coba kasih pasta di processornya). atau coba anda defrag hdd anda, bersihkan file sampah (bisa pake aplikasi). klo soal mouse mungkin driver mousenya/mousenya udah kaga layak pakai lg. coba dicek dan bersihkan lubang port usb.

    • gue pengalaman ama fuadi tuh, biasanya klo gtu gue bongkar mosnya scrol nya itu kotor klo masih tetap gk bs coba periksa yg ke USB nya kemungkinan coloknya gk pas, met mencoba gan😉

  2. mw tnya gan. .PC saya jga pnya msalah. . .asal’a klo dpakai agak lama ska tersendat2. .stlah direstart tetep aja. . .klo udh di shut down bru deh normal. . .tpi tdi itu mslh kmbuh lgi. . .trus ane shut down. . .eh pas dinyalain lgi tetep msh tersendat2. . .mhon solusi’a gan. . . ?

    • mungkin komputernya kebanyakan virus, coba di scan pake antivirus yg ada di PC. mungkin juga spek dari komputer itu sendiri kurang kompatibel sama OS yg dipakai. klo Ram kurang dari 1gb usahakan pake windows xp aja. saran yg laen coba bersihkan sampah pada windows (yg ada di recyle bin) atau jika pengen mudah coba pake Apliaksi Advanced Systemcare ultimate 2013, di aplikasi ini udah ada fitur scan viru, scan sampah, defrag dll.

      klo saran yg laen mungkin di komputer itu kebanyakan program startup yg berat”tin PC. coba program yg startup di disable aj..
      cara lain biar engga ngelag masuk ke task manager, pada tab process cari program yg engga kepake kemudian di end task. contoh program yg engga kepake yaitu taskeng, taskhost…

  3. . . .ane mw tnya gan. . . asal’a kan nih PC ane ska mendadak lag yah. .gk maen game atau bka soft yg brat pdhl. .lag’a gk ilang” hrus di shut down dlu. .nah udh itu biasa’a normal lgi. . .tpi tdi kan lag lgi tuh. . .ane shut down lgi. .eh. .msh aja lag. . . .tlong solusi’a gan

  4. mas salam kenal y,,mw tanya donk,,komputer sy brmasalah,,lemot klo buka program n ngopi data,,trus ujung2nya akhirnya nyalain windowsnya lemot juga,sampe kmarin disk boot failure,insert system boot and press enter,,dah sy restart tetep aja kyk gt windowsnya ga kbuka sama sekali,,jadi,intinya hardisk sy rusak ga mas??kabel sata d cpu dah sy cabut pasang,,trus hardisk juga dah sy coba d cpu sodara tetep ga kedetek,,,
    jadi mohon solusinya y mas,,,makasih

    • klo agan pake format recommended itu bakal lama. tp misalkan pake quick format biasanya cepet, tp klo tetep lama berarti bisa jadi harddsik agan udah mulai eror. ingat gan makin besar size harddsik makan lama pula formatnya.

  5. thanks mas, btw ini tablet windows saya kalo di hidupin lama banget bootingnya, tapi kalau udah agak lamaan dikit, (udah di windows) lancar2 aja, kadang ngelag juga sih

    • oh itu klo lama booting di starting windows nya bisa dipercepat gan, caranya.. ketik REGEDIT di run (tombol windows +R) abis itu pilih yg HKEY_CURRENT_USER truss CONTROL PANEL truss DESKTOP. cari tulisan MENU SHOW DELAY (ada di bagian kanan).. kemudian klik kanan MODIFY ubah angka menjadi 1 dan restart PC.

  6. mau tanya gan,,, waktu saya mau masuk ke drive D, langgsung berwana hitam monitornya tapi sesudah 5 detik Pcnya kembali normal. tpi setiap masuk drive D lagi dia begitu?

  7. Hi,

    Saya mau tanya tentang PC.. Beberapa minggu yang lalu komputer saya koq rasanyas sepertinya ngebrebet, terus baru beberapa hari yang lalu saya format OSnya. Sekarang masalahnya muncul lagi. Padahal hanya download iTunes, dengerin lagu di iTunes dan maen game di Facebook.
    Jadi meskipun denger lagupun, suara lagunya bisa putus2.
    Saya pakai Avast Internet Security, Win7 Ultimate.

    Terima kasih sebelumnya

  8. saya mau tanya mas
    netbook saya cursornya loading terus padahal sedang gak ada program yang di jalankan trus setiap setel video jadi gak singkron gambar sama suara padahal sebelumnya enggak
    mohon solusinya
    terima kasih sebelumnya

  9. PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer.

    Kami juga menyediakan dan memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.Melayan i pemesanan di Jabodetabek dan seluruh propinsi di Indonesia

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 – 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

  10. Bagi teman – teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001

    http://www.ertechcomputer.blogspot.com

    Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses…..teman2…!!

  11. maaf saya mau nanya, komputer saya sering blank tapi nggak mati, hbis itu balik lagi, semula trus ada tulisan “display driver stopped responding and has recovovered” apakah itu jg pertanda hardisk saya mau rusak??

  12. ketika laptop di hidupkan yang bisa di buka cuma ms word dan ms excel, sementara aplikasi lainnya tidak bisa di buka, saya mencoba meng hapus beberapa program di taskeng tetapi di task schedule tidak bisa di hapus, giman cara menghilangkan taskeng atau task schedul atau ada penjelasan lebih lanjut tentang ke dua aplikasi ini, sebelumnya terima kasih gan

  13. Gan numpang tanya… Pas pagi saya hidupkan pc kok gk mW msuk ke windows ya?? Tulisan nya windows boot manager.. Tekan enter restart sendir,tekan esc jgk gitu… Dan begitu seterus nya.. Inisiatif install ulang.. Eh lama banget loading sbelum install nya ada 2 jam an , nah pas milih partisi saya heran kok C dn D nya kosong ya (misal=50.3 gb free)… Y udh saya format aja C nya eh error format nya,mengformatnya pun ada stnagh jam.. Y udh saya coba install udh nggu lama ternyata eh error…. Ada apa itu gan?? Klo tau beri sekalian solusi nya ya gan thx be4

  14. Gan, mau tanya dong, ini ane main game CSGO, spek ane core i5 2,5 vga nvidia 610-1gb ram 3gb tapi beda merek, hardisk sgt tapi kalau di dengerin bunyinya agak kasar, pas main sebentar baik sebentar patah patah, kalau ane hitung 5 detik selisih baik sama lagnya, ane bingung gan masalahnya dimana, katanya temen ane gak boleh pake ram berbeda merek, tapi ane dengerin HDD kayak mau rusak juga, driver ane juga udh Update semua

    • Pake ram berbeda memang bisa bikin ngelag dan ngehang gan. Usahakan pake yg sama merk dan mhz nya. Klo bunyi hdd mungkin hdd agan jarang didefrag, jadi pas hdd nyari data bingung trus keluar suara berisik. Saran saya degrag dulu coba.

  15. Gan, mw nnya.. kok hard disk saya bunyi2 gk jelas yaa gan terus gk mw booting.. kadang masuk windows. Pas lg main atau browsing bunyi2 dia gk jelas.. stiap kali bungi selalu heng-heng. Hlg bunyi na kembali normal. Tapi bunyi hampir stiap saat. Kadang restart sendiri.. jd ini na apa yaa saya lakukan..?

  16. pc saya lemot gan,sering ad bunyi cik cik cik gitu,terus di start task manager ad proses yg ukuranya besar namanya “windows trusted manager” itu hardisk saya atau insatalan nya yg rusak

    • Mungkin PC agan kena virus. saya pengalaman kena virus PC saya ada suara di HDD, terus saya download antivirus ESET NOD 32. alhamdulillah PC kembali normal. coba defrag aja, misalkan tetep lemot scan pada antivirus ESET tadi.

  17. gan kalo laptop saya, pas mau booting ko layar nya item,,, tapi pas pencet tombol keyboard apa aja,, langsung masuk ke windows,, itu knp yaa???
    mohon penjelaasan

Tinggalkan Balasan

