Susu kedelai pemicu hormon estrogen pada pria

images (12)

Siapa yang tidak tahu mengenai manfaat susu kedelai, mungkin dikalangan para pria banyak yang sudah mengetahui manfaatnya sebagai pembesar otot. karna di dalam susu kedelai terdapat kandungan protein yang tinggi yang membuat masa otot meningkat dan bertambah.  Karna di protein itu terdapat zat yang memicu hormon estrogen pada pria jadi jika di konsumsi berlebihan dan dalam  jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan ketidak seimbangan antara hormon estrogen dan testoteron.

Kelebihan hormon estrogen pada pria secara nyata dapat menyebabkan pembesaran payudara (ginekomastia), melambat pertumbuhan rambut jenggot dan menghilangnya rambut di tangan dan kaki. Yang paling buruk, kelebihan estrogen yang paling parah dapat menyebakan gangguan ereksi.
Selain isoflavon, kedelai juga mengandung genistein dan daidzein, yang keduanya juga bertindak mirip estrogen dan dikenal sebagai fitoestrogen (estrogen yang diproduksi tanaman).

Kedelai tidak peduli dengan karakteristik seks manusia. Dan menurut hasil penelitian yang telah dipublikasi pada beberapa jurnal kesehatan, fitoestrogen memiliki potensi untuk menimbulkan kekacauan hormon dalam tubuh manusia.

Dengan kandungan fitoestrogen, kedelai dapat menurunkan produksi testosteron pada pria dan meningkatkan produksi estradiol, yang cenderung berasosiasi dengan produksi hormon wanita.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa pemberian susu kedelai pada bayi dapat menyebabkan penyusutan dari kelenjar timus yang signifikan. Kelenjar ini merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Susu kedelai itu sangat diperlukan oleh tubuh asalkan jangan dikonsumsi terlalu banyak.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s