Mengenal Deret data pada excel

1. MENGENAL DERET DATA

Ms.Excel meimiliki fasilitas untuk membentuk deret data dengan prosedur yang mudah dan cara cepat. Contoh penggunaan deret data yang paling sering digunakan adalah membuat deret nomer urut. Untuk mebentuk deret data, dapat memanfaatkan fasilitas fill handle

1 Deret

2. Deret Numerik

Bila anda ingin memuat rangkaian data yang berbentuk numerik, seperti penomoran, maka istilah dua sel dengan nilai awal sebagai kata kunci. Blok kedua sel tersebut, arahkan pointer mouse pada posisi fill handle sampai bentuk pointer mouse berubah menjadi (+),Klik file handle  dan di drag(tahan) lalu tarik ke kanan atau kebawah sesuai kebutuhan.

2 Deret

Sel A1 dan A2 berisi nilai awal 1 dan 2. Setelah kedua sel tersebut dipilih, tarik fill handle dengan mouse sampai posisi sel 12 sehingga akan terbentuk dengan nilai selisih satu dari akhir deret  12.

Untuk membentuk deret data numerik, pastikan jumlah nilai awal yang digunakan minimal 2 data. Jika anda menggunakan satu nilai awal, maka Ms.Excel akan menghasilkan deret dengan  nilai yang sama dengan nilai awal.

3. Memembentuk Deret Data Teks

Untuk membentuk deret dengan menggunakan teks, anda hanya memerlukan 1 data teks sebagai nilai awalnya. Contohnya untuk membuat deret dngan data “Cicilan 1” sampai “Cicilan 4”, maka ketikan nilai awal “Cicilan 1” di sembarang sel, tarik fill handle ke bawah atau ke kanan.

Catatan:

Jika teks dituliskan didepan dan diikuti dengan angka, maka penulisan antara teks dan angka diberi jarak spasi atau tanpa jarak spasi. Akan tetapi jika angka dituliskan didepan dan diikuti dengan teks, maka anatara angka dan teks harus diberi spasi, jika tidak diberi spasi maka deret tidak akan terbentuk.

Sebagai contoh, jika anda membuat deret dengan nilai “Cicilan1” maka deret tersebut akan terbentuk, akan tetapi jika anda ketikkan “1Cicilan” maka tidak dapat membentuk deret, anda harus mengubahnya menjadi “1 Cicilan”.

 

Contoh

3 Deret4. Membentuk Deret Nama Hari dan Bulan

Anda juga dapat membentuk deret yang berisi nama-nama bulan dalam satu tahun atau nama-nama hari dalam satu minggu dengan format penulisan bahasa Indonesia. Sebagai contoh, ketik “Jan” pas sel A1 dan tarik fill handle sampai A10, perhatikan pada range A1:A10, terbentuk deret nama bulan dari “Jan” samapai dengan “Okt”. Hasil deret ini tergantung dari setting Regional and Language,  dalam tutorial ini menggunakan setting bahasa Indonesia. Kolom B  menampilkan deret nama bulan dengan penulisan lengkap, kolom C  berisi deret tiga huruf awal nam hari, dan kolom D berisi deret anma hari dengan penulisan lengkap.

4 Deret

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s