Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membangun sebuah rumus dan fungsi pada Ms.Excel. beberapa hal dasar tersebut akan sangat menentukan hasil yang didapat dalam penulisan rumus Ms.Excel. hal ini dikarenakan penulisan rumus diperlukan ketelitian yang cukup besar. Sebagai contoh, setiap awal penulisan rumus dalam Ms.Excel harus dimulai dengan tand sama dengan (=) ataupun plus (+). Contoh lain penulisan tanda kutip/petik ganda (“). Yang digunakan untuk mengapit data bertipe teks. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan tanda ini, maka kemungkinan hasil perhitungan yagn didapat tidak akan muncul.

1. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan rumus dan fungsi

Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan rumus

  • Setiap rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda plus (+)
  • Antara sel data dengan syarat yang ditentukan harus menggunaan operator pembanding berikut adalah gambar operator matematika dan operator pembanding

1 Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi

  • Tanda kurung pengapit berupa kurung buka dan kurung tutup sebagai pembatas argumen harus berjumlah sama
  • Arguman selalu diapit dengan tanda kurung
  • Pemisahan argumen berupa tanda baca koma(,) atau titik koma (;), tergantung pada setting yang diterpkan dalam komputer anda, dalam tutorial ini menggunakan bahasa indonesia, sehingga megguankan titik koma (;).
  • Penulisan fungsi maksimal 1024 karakter, termasuk tanda sama dengan (=), nama fungsi, tanda kurung, operator, argumen dan pemisah arguman
  • Perhatikan tanda baca yang dgunakan pada rumus, karena tanda baca ini sangat menentukan benar atau salahnya penulisan sebuah rumus.

2. Penulisan rumus dan fungsi secara manual

Dalam penulisan rumus dan fungsi manual disini adalah penulisan semua rumus dan fungsi yang dilakukan secara manual dan satu per satu. Sebagai contoh, ketika anda akan menuliskan rumus yang menggunakan fungsi logika IF, maka anda langsung mengetikkan  =IF(pada sel tempat rumus).

3. Penulisan rumus dan fungsi menggunakan wizard

Ms.Excel menyediakan fasilitas penulisan fungsi dan rumus menggunakan langkah wizard, berbeda dengan langkah manual, langkah ini dilakukan dengan menggunakan tombol perintah insert function pada tab formulas. Sebagai contoh, jika disajikan data sebagia berikut.

2 Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi

Dari gambar diatas akan mencari total harga yang akan diselesaikan dengan menggunakan langkah wizard, dan hasilnya akan diselesaikan di sel D6

  • Letakkan kursor anda pada sel D6, kemudian klik insert function, sehingga akan tampil kotak dialog Insert Function, yang akan anda gunakan untuk memilih jenis fungsi

3 Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi

  • Pilih kategori pada bagian Or select category  kemudian pilih fungsi yang anda inginkan pada bagin Select a function, pada penyelesaian contoh  diatas menggunakan fungsi Sum, kemudian klik
  • Berikutnya akan muncul kotak dialog Function Argument pada fungsi SUM untuk mengisikan syarat dan nilai soal yang akan dikerjakan.

4 Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi

  • Pada bagian Number1 isikan dengan sel yang akan anda jumlahkan nilainya yaitu D2:D5
  • Klik OK setelah anda memasukkan sel yang akan dijumlahkan menggunakan fungsu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s